Sistem Segmentasi Loyalitas pelanggan berbasis Recency Frequency Monetary (RFM) Menggunakan K-Medoids Clustering Pada Jayagiri Outdoor

Main Article Content

Ferry Rizki Setiawan Yulison Herry Chrisnanto Puspita Nurul Sabrina

Abstract

Perkembangan dunia usaha yang semakin maju menyebabkan timbulnya persaingan yang semakin ketat. Salah satu cara untuk menjaga kelangsungan hidup perusahaan adalah menjaga hubungan baik dengan pelanggan. JAYAGIRI Outdor merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang penjualan peralatan outdor, barang yang diproduksi itu sendiri ialah Tas kerir, Jaket, pakaian, tenda outdoor.Segmentasi loyalitas pelanggan yang ada, dilandaskan teori berupa Recency Frequency Monetary dan klasterisasi algoritma K-Medoids. Dengan dilandaskan teori RFM akan lebih mudah untuk mengambil sebuah keputusan, lebih efektif mengidentifikasi pelanggan yang diprioritaskan dan dapat digunakan sebagai pengembangan strategi pemasaran dan strategi bisnis yang efektif. Data yang akan terlibat pada teori RFM yakni: data transaksi pembelian terakhir pelanggan akan dimasukkan kedalam Recency, total transaksi yang dilakukan pelanggan akan dimasukkan kedalam Frequency, jumlah biaya yang dikeluarkan oleh pelanggan akan dimasukkan kedalam Monetary. Setelah dilakukannya RFM, akan dilakukannya clustering dengan algoritma K-Medoids. Algoritma K-Medoids akan mengidentifikasi karakteristik dari pelanggan. Pelanggan yang memiliki karakteristik sama akan dimasukkan kedalam suatu kelompok, ini adalah salah satu langkah untuk mengetahui seberapa loyal pelanggan di Jayagiri Outdor. Kelompok akan dibagi menjadi 3, yakni: loyal, sedang dan tidak loyal. Setiap kelompok memiliki ketentuan yang berbeda pada nilai Recency, Frequency, dan Monetary.


Kata Kunci : segmentasi, , RFM (Recency, Frequency, Monetary), K-Medoids clustering

Article Details

How to Cite
SETIAWAN, Ferry Rizki; CHRISNANTO, Yulison Herry; SABRINA, Puspita Nurul. Sistem Segmentasi Loyalitas pelanggan berbasis Recency Frequency Monetary (RFM) Menggunakan K-Medoids Clustering Pada Jayagiri Outdoor. SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. G18-22, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/270>. Date accessed: 15 july 2024.
Section
Articles