Program Animasi Sebagai Media Interaktif Bahasa Inggris Untuk Anak Pra-Sekolah
Abstract
Penguasaan bahasa Inggris merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi masyarakat modern karena penguasaan terhadap bahasa Inggris memudahkan seseorang untuk memperluas pergaulannya di dunia internasional. Seperti yang dikatakan oleh Fromkin, “English has been called ‘the lingua franca of the world’” (1990: 259) bahasa Inggris telah menjadi bahasa internasional yang digunakan hampir di segala bidang kehidupan global.
Mengajarkan Bahasa Inggris untuk anak pra-sekolah idealnya dimulai sejak usia balita sebelum mereka menginjak umur 12 tahun, untuk itu diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu anak-anak pra sekolah untuk mempelajari Bahasa Inggris secara interaktif dengan konsep belajar sambil bermain, sehingga mereka tertarik menggunakannya serta mudah memahami. Metode pencapaian yang digunakan dalam membuat program animasi pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak pra sekolah ini menggunakan software Abode Flash yang berisi kosakata Bahasa Inggris yang mudah dipahami anak-anak pra sekolah, yang dibentuk dari gambar dan suara yang menarik. Tujuan jangka panjang dari penelitian ini adalah dengan adanya program animasi pembelajaran ini seluruh anak-anak dapat memakai program ini secara luas di masyarakat.