Penerapan Content Strategy untuk Pembuatan Website Informasi Klinik Kesehatan dengan Bantuan Arsitektur Informasi dan Enterprise Content Management

Main Article Content

Dana S. Kusumo Elroi Christian Ndun

Abstract




Strategi konten merupakan konsep dalam merancang konten agar konten tidak hanya dibuat namun memiliki asal-usul atau sumber yang jelas dan diketahui kegunaannya. Strategi konten merupakan sebuah konsep untuk membantu manajemen konten dalam merekomendasikan konten yang sesuai dengan kebutuhan pengguna dan pemilik konten. Konten dibutuhkan untuk seluruh sistem yang memanfaatkan teknologi, tidak terkecuali website. Pemanfaatan website maupun sistem informasi terkadang kurang memperhatikan pengelolaan konten, sehingga tujuan utama dari konten tersebut kurang tersampaikan dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk merancang strategi konten yang akan dituangkan pada website publikasi klinik kesehatan. Strategi konten penelitian ini berfokus untuk mengolah konten website klinik, sehingga konten yang disajikan sesuai dengan tujuan utama dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Dalam merancang strategi konten, penelitian ini menggunakan bantuan konsep arsitektur informasi dan Enterprise Content Management. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya rekomendasi konten yang dapat dituangkan pada website publikasi. Dalam mengevaluasi rekomendasi, penelitian ini menggunakan pengujian metode Delphi. Panel Delphi memberikan penilaian berdasarkan usulan dan hasil evaluasi strategi konten, selanjutnya rekomendasi tersebut dinilai oleh pengguna. Setelah konten pada penelitian ini selesai dibuat dan dievaluasi, maka konten dimanfaatkan oleh klinik studi kasus sebagai website publikasi dan menyelesaikan permasalahan yang ada pada klinik.


 





 

Article Details

How to Cite
KUSUMO, Dana S.; NDUN, Elroi Christian. Penerapan Content Strategy untuk Pembuatan Website Informasi Klinik Kesehatan dengan Bantuan Arsitektur Informasi dan Enterprise Content Management. SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. D41-45, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/333>. Date accessed: 15 july 2024.
Section
Articles