Game Edukasi Pengenalan Buah-Buahan Berbasis Augmented Reality(AR) Menggunakan Multimedia Develpoment Life Cycle (MDLC)

Main Article Content

Hasna Fauziyyah Salma Agus Komarudin Rezki Yuniarti

Abstract

Pembelajaran pengenalan buah-buahan pada anak usia dini memerlukan sebuah fasilitas media permainan yang mendidik, salah satunya yaitu game edukasi. Game edukasi pengenalan buah-buhan yang saat ini sudah ada masih terdapat kekurangan yaitu belum menerapkan elemen game seperti tidak adanya tantangan dan out comes, sehingga perlu dikembangkan sebuah game edukasi pengenalan buah-buahan yang menerapkan elemen game. Game merupakan suatu permainan yang diartikan dalam suatu aktivitas tersetruktur atau semi tersetruktur yang dapat digunakan sebagai alat pembelajaran yang sangat fun. Tujuan dari penelitian ini membangun game edukasi untuk menambahkan pengetahuan pada anak dalam pengenalan buah-buahan dan menjadikan sebuah gadget sebagai wadah belajar. Subjek penelitian ini terdiri dari 18 responden anak usia dini. Metode pengupulan data yang digunakan adalah metode non test dengan instrumen berupa kuesioner. Penelitian ini menggunakan metode analisis Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang dirancang dalam suatu game yang memiliki 3 permainan yaitu Augmented Reality (AR), Belajar dan Bermain dan memiliki kartu marker sedangkan literature terdahulu game ini memiliki game AR yang menggunakan metode based tracking pada AR untuk melacak suatu marker sebagai media pembelajaran. Hasil pengujian yang dilakukan kepada 18 responden yang didapatkan 80% anak usia dini menyatakan bahwa game ini menarik dan 20% menyatakan tingkat kesulitan. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran edukasi tentang pengenalan buah-buahan layak digunakan untuk anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini yaitu media pembelajaran edukasi dapat memberikan kesempatan pada anak untuk mengenal lebih luas pada objek buah-buahan dengan cara bermain, sehingga mampu menarik perhatian anak, membantu mengenal objek buah, menstimulasi aspek peningkatan minat belajar.


 

Article Details

How to Cite
SALMA, Hasna Fauziyyah; KOMARUDIN, Agus; YUNIARTI, Rezki. Game Edukasi Pengenalan Buah-Buahan Berbasis Augmented Reality(AR) Menggunakan Multimedia Develpoment Life Cycle (MDLC). SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. C37-40, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/324>. Date accessed: 15 july 2024.
Section
Articles