SISTEM INFORMASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA PT.KAMPUNG SUMBER ALAM DENGAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC

Main Article Content

Fajri Maulid Nugraha Asep Id Hadiana Herdi Ashaury

Abstract

Customer Relationship Management (CRM) merupakan sebuah strategi yang digunakan oleh suatu organisasi atau perusahaan untuk dapat menciptakan dan mempertahankan suatu hubungan yang baik dan berkelanjutan dengan pelanggannya dan mengurangi kemungkinan para pelanggannya pindah ke perusahaan lain.Sumber Alam merupakan resort tradisional yang menyediakan jasa perhotelan unik dengan konsep kampung yang ditata secara artistik khas arsitektur Sunda, dengan bangunan di atas balong, beratapkan ijuk, dan teras ngapung seolah mencerminkan budaya arsitektur Kampung Cipanas Tempo Doeloe. Kampung sumber alam membutuhkan sebuah strategi untuk dapat menjalin hubungan dan meningkatkan layanan kepada pelanggannya agar pelanggannya tetap loyal kepada kampung sumber alam. Customer Relationship Management (CRM) menjadi jalan keluar bagi perusahaan yang ingin mengubah strategi pemasaran konvensional menjadi modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Framework Of Dynamic CRM yang terdiri dari tiga fase yaitu Acquisition, Retention dan Expansion. Sedangkan untuk pengembangan sistem penelitian ini menggunakan model prototype. Dari penelitian ini akan menghasilkan sebuah aplikasi Customer Relationship Management (CRM) berbasis web yang kemudian akan di uji dengan menggunakan metode pengujian Black-Box, yaitu menguji perangkat lunak dari segi spesifikasi fungsional dan user acceptance test (UAT). Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang bentuk Customer Relationship Management (CRM) dan penerapan Customer Relationship Management (CRM) yang selalu beriringan pada setiap proses jasa perhotelan yang terjadi di kampung sumber alam. Banyak yang kita dapatkan bahwasanya Customer Relationship Management (CRM) sangat penting dalam perusahaan yang ingin bersaing dan tetap aktif di kalangan masyarakat. Dengan sistem informasi Customer Relationship Management (CRM) ini diharapakan kampung sumber alam dapat menjalin hubungan yang berkelanjutan dan dapat meningkatkan layanannya kepada pelanggan. Setelah melakukan pembangunan sistem yang di butuhkan,pengujian penerimaan pengguna di lakukan dengan hasil sebesar 80,28 % dari 100 kasus uji yang di lakukan oleh 19 aktor.

Article Details

How to Cite
NUGRAHA, Fajri Maulid; HADIANA, Asep Id; ASHAURY, Herdi. SISTEM INFORMASI CRM (CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT) PADA PT.KAMPUNG SUMBER ALAM DENGAN METODE FRAMEWORK OF DYNAMIC. SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. E57-61, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/316>. Date accessed: 02 july 2024.
Section
Articles