Perancangan Sistem Informasi Manajemen Presensi Modul Ice Breaking Dengan Metode Prototyping (Studi Kasus di Universitas Islam Indonesia)

Main Article Content

AJENGSARI RAHMAYANTI Hari Setiaji

Abstract

Presensi merupakan sebuah tahapan yang sering digunakan untuk membantu mengecek kehadiran, baik di dunia pendidikan maupun non pendidikan. Pada dunia pendidikan sendiri presensi dapat dilakukan melalui banyak hal, mulai dari yang analog hingga digital. Berkembangnya teknologi juga membuat proses presensi manual menjadi tertinggal, apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Sistem Presensi sendiri saat ini memiliki berbagai metode seperti kode, QR kode, face recognition, dan lain-lain. Selain itu, tujuan diadakannya kelas adalah untuk dosen atau guru menyampaikan materinya kepada siswa/mahasiswa, tetapi masih banyak siswa/mahasiswa yang kurang paham karena merasa jenuh dan menjadi kehilangan motivasi belajar saat di kelas. Presensi yang semulanya hanya berfungsi untuk mendata kehadiran, dilakukannya penelitian untuk merancang sistem informasi manajemen yang dapat mendata kehadiran siswa juga sebagai sarana untuk meningkatkan motivasi belajar dan pemahaman terhadap materi dengan menggunakan modul ice breaking. Perancangan sistem informasi manajemen presensi modul ice breaking ini dilakukan dengan menggunakan metode siklus hidup sistem yaitu prototyping.

Article Details

How to Cite
RAHMAYANTI, AJENGSARI; SETIAJI, Hari. Perancangan Sistem Informasi Manajemen Presensi Modul Ice Breaking Dengan Metode Prototyping (Studi Kasus di Universitas Islam Indonesia). SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. B5-8, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/298>. Date accessed: 15 july 2024.
Section
Articles