Sistem Informasi Kiosk Antrean Pelayanan Pada Klinik Kesehatan dengan Metode Prototyping

Main Article Content

Affifah Jayanthi Mochammad Rifky Gunawan Herdi Ashaury

Abstract

Permasalahan yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari adalah antrean. Antrean sering ditemui di berbagai tempat yang memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya tempat pelayanan kesehatan yaitu klinik. Fenomena yang sering terjadi pada antrean adalah kurangnya penyebaran informasi mengenai antrean itu sendiri, terlebih kepada pengunjung. Pada saat menunggu banyak pengunjung yang memerlukan informasi seperti berapa banyak antrean yang harus ia tunggu sampai pada gilirannya, apakah kuota antrean pada hari tersebut masih tersedia, sampai pada antrean berapa yang sedang diproses. Perolehan informasi akan menjadi kurang efektif apabila harus melibatkan bantuan staff yang sedang bertugas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu sistem yang dapat memberikan informasi serta mengatur jalannya antrean. Kiosk adalah perangkat elektronik yang ditempatkan di area umum dengan fitur utamanya memberikan informasi yang relevan kepada pengguna. Kiosk terdiri dari dua komponen yaitu  perangkat keras Kiosk, dan perangkat lunak Kiosk. Penelitian ini membangun perangkat lunak Kiosk untuk antrean pelayanan kesehatan di klinik. Pembangunan sistem ini menggunakan SDLC prototyping. Dimulai dari pengumpulan data, analisis kebutuhan, perancangan dan implementasi perangkat lunak, serta pengujian perangkat lunak. Pengujian dilakukan menggunakan Black Box Testing, yang menghasilkan 100% data valid dari 17 kode uji.

Article Details

How to Cite
JAYANTHI, Affifah; GUNAWAN, Mochammad Rifky; ASHAURY, Herdi. Sistem Informasi Kiosk Antrean Pelayanan Pada Klinik Kesehatan dengan Metode Prototyping. SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. E1-6, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/289>. Date accessed: 02 july 2024.
Section
Articles