Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Prestasi Belajar

  • Purnomo Hadi Susilo Universitas Islam Lamongan
  • Agus Setia Budi Universitas Islam Lamongan
  • Elly Fitriani Universitas Islam Lamongan

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat menjadikan kebutuhan akan suatu konsep dan mekanisme proses belajar mengajar di sekolah berbasis teknologi tidak bisa dihindari lagi. Konsep yang kemudian dikenal dengan istilah e-learning ini membawa pengaruh terjadinya proses transformasi pendidikan konvensional ke dalam bentuk penddidikan berbasis digital, baik secara isi dan sistemnya. Selain konsep pembelajaran yang berbasis digital, proses menentukan siswa berprestasi sudah selayaknya dilakukan secara digitalisasi juga. Kondisi yang saat ini ditemui yaitu sebagian besar lembaga pendidikan masih melakukan proses seleksi siswa berprestasi hanya berdasarkan penilaian yang lebih berfokus ke dalam bidang akademis (penguasaan konsep) yang hanya berdasarkan penilaian subjektif dari guru yang bersangkutan, siswa yang nilai raportnya menduduki peringkat 1 sampai 3 tingkat sekolah (paralel) akan dianggap sebagai siswa berprestasi, proses penilaian tersebut juga masih dilakukan secara manual. Pada penelitian ini dirancang suatu sistem yang bisa membantu pihak lembaga pendidikan dalam proses pembelajaran online dan menentukan siswa berprestasi. Proses ini diawalai dengan siswa dan guru yang menggunakan sistem pembelajaran online, data hasil dari proses pembelajaran online tersebut yang digunakan untuk proses perhitungan rumus densitas gauss algoritma naive bayes. hasil akhirnya yaitu prediksi untuk menentukan seorang siswa ke dalam kelas berprestasi atau tidak berprestasi

Published
2021-10-24
How to Cite
SUSILO, Purnomo Hadi; BUDI, Agus Setia; FITRIANI, Elly. Implementasi Algoritma Naive Bayes Untuk Memprediksi Prestasi Belajar. , [S.l.], v. 5, p. A16-21, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/265>. Date accessed: 23 nov. 2024.