Penentuan Lokasi Sekolah Baru Menggunakan Pendekatan Voronoi Diagram di Kabupaten Bandung Barat
Abstract
Terkadang letak dari sekolah-sekolah yang ada dalam suatu wilayah dirasakan tidak merata. Beberapa sekolah didirikan di suatu sisi wilayah yang sama, namun di sisi yang lainnya hanya ada sedikit sekolah bahkan tidak ada, maka dari itu dalam menentukan lokasi merupakan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan, sebab apabila suatu sekolah tidak dibangun di lokasi yang tepat maka dapat menimbulkan masalah, salah satunya adalah tidak meratanya pendidikan di Indonesia. Dari hal tersebut pada penelitian ini akanĀ diselesaikan dengan menggunakan SIG, didalam SIG menggambarkan data mengenai sekolah yang kemudian akan ditampilkan menarik agar lebih mudah dilakukan proses analisa. Selain itu dalam SIG ini akan menggunakan metode voronoi diagram yang akan diintegrasi dengan SIG tersebut. Untuk hasil dari penelitian ini mendapatkan 83% akurasi.