Klasterisasi Tingkat Penjualan Produk Menggunakan Metode K-Means Untuk Penerapan Konsep Down-Selling: Studi Kasus pada Artch Indonesia

Main Article Content

Fersyan Putra Samudra Tacbir Hendro Pudjiantoro Irma Santikarama

Abstract

Pemanfaatan ilmu data mining telah dilakukan oleh beberapa perusahaan untuk mengolah data yang dimiliki untuk menghasilkan suatu informasi yang dapat digunakan untuk menentukan strategi yang akan dilakukan guna meningkatkan kinerja perusahaan, salah satunya di industri mode, seperti Artch Indonesia yang merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang fashion memiliki data penjualan yang besar setiap bulannya. Proses analisis terhadap data penjualan dengan jumlah yang banyak dan data yang beragam membutuhkan waktu yang cukup lama, sehingga informasi yang dihasilkan tidak dapat diperoleh dengan cepat dan pengetahuan yang mendalam tidak dapat ditemukan. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk melakukan teknik data mining klasterisasi dengan metode K-Means terhadap data penjualan dan menghasilkan informasi rekomendasi produk untuk penerapan konsep down-selling. Penelitian ini menghasilkan 5 klaster berdasarkan elbow method dan hasil pengujian silhouette score untuk jumlah klaster 5 adalah 0,538 dengan menghasilkan rekomendasi produk untuk diterapkan konsep down-selling sebanyak 36 macam produk.

Article Details

How to Cite
SAMUDRA, Fersyan Putra; PUDJIANTORO, Tacbir Hendro; SANTIKARAMA, Irma. Klasterisasi Tingkat Penjualan Produk Menggunakan Metode K-Means Untuk Penerapan Konsep Down-Selling: Studi Kasus pada Artch Indonesia. SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. B9-15, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/241>. Date accessed: 15 july 2024.
Section
Articles