SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAPTEN TIM SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (STUDI KASUS UKM SEPAK BOLA UNJANI FC)

Main Article Content

Hari Ramdani Wina Witanti Asep Id Hadiana

Abstract

Sepak bola adalah salah satu olahraga terpopuler di dunia. Statistik dan sepak bola dewasa ini diterapkan dalam beberapa aspek salah satunya adalah sebagai bahan pertimbangan pemilihan kapten tim sepakbola oleh pelatih. Namun pemanfaatan teknologi dalam sepak bola khususnya pemilihan kapten tim masih belum optimal karena belum mempunyai sistem yang terkomputerisasi secara menyeluruh yang dapat menyajikan informasi yang mampu menyediakan pilihan bagi para pelatih sebagai sarana pendukung dalam pengambilan suatu keputusan. Sistem pendukung keputusan adalah sistem berbasis komputer yang dapat memanipulasi data menjadi sebuah informasi yang dapat memberikan alternatif keputusan atau penyelesaian masalah, sehingga data dapat diolah menjadi informasi. Technique for Order Preference By Similarity To Ideal Solution (TOPSIS) merupakan salah satu metode pengambilan keputusan multikriteria atau memiliki banyak kriteria. Penelitian terdahulu metode TOPSIS digunakan pada subjek dan objek yang berbeda yaitu penentuan posisi ideal pemain sepak bola. Penelitian ini menghasilkan sebuah system pendukung keputusan yang dapat digunakan untuk memilih Kapten tim Sepak bola menggunakan metode TOPSIS. Penelitian ini menghasilkan sebuah sistem yang dapat memberikan pertimbangan dalam melakukan pengambilan keputusan untuk pemilihan kapten tim sepak bola. Dengan menggunakan metode TOPSIS sebanyak 10 data pemain yang diujikan menghasilkan tingkat kesesuaian 80%.

Article Details

How to Cite
RAMDANI, Hari; WITANTI, Wina; HADIANA, Asep Id. SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KAPTEN TIM SEPAK BOLA MENGGUNAKAN METODE TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (STUDI KASUS UKM SEPAK BOLA UNJANI FC). SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. G51-55, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/234>. Date accessed: 15 july 2024.
Section
Articles