Sistem Chatbot Informasi Menggunakan Natural Language Processing Studi Kasus Bappeda Jabar

Main Article Content

D Irga B Naufal Fakhri Cahyo Prianto Syafrial Fachri Pane

Abstract

Informasi merupakan bagian penting dalam kehidupan kita sehari-hari, dimana informasi tersebut diharap-kan bisa kita dapatkan dengan cepat. Penyampaian informasi harus akurat dan jelas. Berdasarkan hasil wawancara terhadap pegawai BAPPEDA JABAR diperoleh informasi bahwa untuk mencari informasi acara yang akan datang, informasi mendadak yang penting ataupun data pegawai diharuskan datang ke bagian yang terkait. Atas dasar masalah tersebut dan dengan adanya pandemi covid-19 ini perlu dibuat sebuah sistem yang mudah digunakan oleh pegawai untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan untuk menghindari keramaian dan sistem yang mudah digunakan. Sistem ini menggunakan bahasa sehari-hari atau bahasa alami (natural language) yang merupakan media yang digunakan manusia untuk saling berkomunikasi antar sesa-ma. Pada penelitian ini dilakukan pembangunan sebuah sistem chatbot untuk informasi yang berhubungan dengan BAPPEDDA Jawa Barat. Tujuannya adalah mempermudah pegawai dalam menerima informasi, mengirim informasi penting dan mengurangi keramaian agar menghindari penyebaran covid-19. Sistem ini dibangun dengan pendekatan Natural Language Processing. Dari hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa sistem chatbot ini sangat mudah digunakan dan dapat memperoleh informasi dengan tepat.

Article Details

How to Cite
NAUFAL FAKHRI, D Irga B; PRIANTO, Cahyo; PANE, Syafrial Fachri. Sistem Chatbot Informasi Menggunakan Natural Language Processing Studi Kasus Bappeda Jabar. SNIA (Seminar Nasional Informatika dan Aplikasinya), [S.l.], v. 5, p. A1-8, oct. 2021. Available at: <https://snia.unjani.ac.id/web/index.php/snia/article/view/232>. Date accessed: 02 july 2024.
Section
Articles