Sistem Informasi Pusat Karir dengan Konsep Collaborative Service
Abstract
Teknologi informasi dalam perguruan tinggi berfungsi untuk mendukung manajemen strategis dan operasional agar dapat mencapai target kinerja yang berkualitas tinggi. Kolaborasi dengan mitra strategis dapat dilakukan antara perguruan tinggi dengan pemerintah, penyokong dana, lembaga keuangan, masyarakat, alumni dan pengguna lulusan. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dengan konsep collaboration service dapat diterapkan dalam sistem informasi manajemen perguruan tinggi, sehingga dapat meningkatkan partisipasi mitra strategis. Penerapan TIK untuk menjalin kolaborasi dengan alumni dan pengguna lulusan akan menguntungkan bagi perguruan tinggi sehingga manajemen pengelolaan alumni dan daya serap lulusan akan terpantau dengan baik. Namun kenyataannya tidak semua perguruan tinggi mampu menerapkan TIK disetiap proses manajemen. Salah satunya manajemen pengelolaan pusat karir dilakukan secara terpisah-pisah, penyimpanan data alumni dan pengguna lulusan belum tersimpan dalam sebuah sistem informasi tertintegrasi dengan sistem akademik. Sistem informasi terintegrasi dibutuhkan untuk membantu pengelolaan pusat karir dan membantu meningkatkan pelayanan kepada lulusan. Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun sebuah sistem informasi pusat karir dengan konsep Collaborative service sehingga dapat meningkatkan partisipasi mitra strategis dan membantu lulusan dalam mencapai karir. Metodologi penelitian dilakukan dengan kajian keilmuan dan lingkungan, pengembangan sistem informasi menggunakan metoda waterfall. Hasil penelitan ini berupa sistem informasi pusat karir dengan konsep collaborative service yang dapat meningkatkan kerja sama dan partisipasi antara perguruan tinggi, alumni dan pengguna lulusan.