A Pengujian Perangkat Lunak
(Berbasis Flow Graph, Cyclomatic Complexity dan Graph Matrix)
Abstract
Untuk mengetahui kualitas dari perangkat lunak maka perlu dilakukan suatu pengujian. Pengujian perangkat lunak merupakan proses validasi dan verifikasi serta merupakan elemen kritis dalam proses pengembangan perangkat lunak. Terdapat beberapa metode dalam pengujiannya, diantaranya blackbox dan whitebox. Kajian penelitian ini mengarah pada metode whitebox dengan teknik pengujian berbasis Path yang berupa Flow graph yangmana menggambarkan jalur eksekusi dari perangkat lunak sedangkan cyclomatic complexity memberikan pengukuran kuantitatif terhadap kompleksitas logis suatu program dan graph matrix merupakan prosedur untuk mendapatkan flow graph dan menentukan serangkaian basis Path. Hasil kajian penelitian menunjukkan metode whitebox dapat menggambarkan struktur program secara utuh dan dapat menunjukkan kesalahan yang ada pada kode program, akan tetapi butuh penguji yang paham akan kode program yang sedang diuji. Pada kode program dengan jumlah Path < 5 cenderung struktur program tergolong sederhana, sedangkan kode program dengan Path > 5 menunjukkan struktur program tergolong berada ditingkat yang lebih kompleks sedangkan pada kode program hasil pengujian dengan jumlah Path > 50 maka tergolong rumit dan sulit untuk dilakukan pengujian.